Bacaan Sholat [Arab+Terjemah] Sesuai Tuntunan Nabi Lengkap

Bacaan Sholat Lengkap Sesuai Tuntunan Nabi Shallahu Alaihi Wa Sallam - Assalamualaikum hai sobat arofta.com gimana kabarnya kalian semua?? Semoga masih dalam lindungan allah subhanahu wa ta’ala ya, Kali ini arofta.com ingin membahas materi  tentang Bacaan Shalat 5 Waktu Yang Benar Secara Lengkap sesuai tuntunan sunnah nabi shallahu alaihi wa sallam.

Bacaan Sholat Lengkap
Bacaan Sholat Lengkap


Sobat arofta.com tau gak sih sebenarnya kita ini telah di ajarkan atau di perintahkan oleh allah dan rasulnya untuk menjaga dan menunaikan shalat.dan kebanyakan dari kita masih banyak yang tidak tau tentang bacaan sholat yang benar sesuai tuntunan nabi alaihimussalam maka dari itu di sini arofta.com akan membahas tentang hal itu oleh karena nya pertama yang harus kita ketahui adalah:



  1. Niat
  2. Doa Iftiftah / Istiftah
  3. Membaca Al Fatihah dan Ayat Al Quran
  4. Rukuk
  5. Mengucapkan –سمع الله لمن حمده – DAN BERDO’A SETELAHNYA KETIKA I’TIDAL
  6. Sujud
  7. Duduk Diantara Dua Sujud
  8. Tasyahud Awal
  9. Tasyahud Akhir


NIAT



Hal yang pertama yang harus kita ketahui adalah niat.karna niat adalah awal dari segala macam pekerjaannya seseorang.sebagaimana nabi bersabda:
 
إنَّمَا الأعمَال بالنِّيَّاتِ وإِنَّما لِكُلِّ امريءٍ ما نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُولِهِ فهِجْرَتُهُ إلى اللهِ ورَسُوْلِهِ ومَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لِدُنْيَا يُصِيْبُها أو امرأةٍ يَنْكِحُهَا فهِجْرَتُهُ إلى ما هَاجَرَ إليهِ

Sesungguhnya setiap amalan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya seseorang hanya mendapatkan apa yang dia niatkan. Maka barang siapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya untuk Allah dan Rasul-Nya. Siapa yang hijrahnya karena mencari dunia atau karena wanita yang dinikahinya, maka hijrahnya kepada yang ia tuju padanya.(HR.Bukhari dan Muslim).

Dan bahwasanya niat itu dengan hati bukan dengan lisan atau pengucapan di mulut karna hal ini nabi kita tidak pernah mengerjakan hal itu dan tidak ada dalil atau hadits nabi tentang pengucapan niat baik dalam alquran maupun hadits nabi sallahu alaihi wassalam dan ulama bersepakat tentang niat itu di dalam hati seseorang.

DOA ISTIFTAH



Setelah kita mengucapkan takbirotul ihram di sunnahkan bagi kita untuk membaca doa istiftah yang di ajarkan oleh nabi kita Muhammad sallahu alaihi wassalam,diantara doa doa berikut adalah:

 اللَّهُمَّ بَاعِد بَينِي وَ بَينَ خَطَايَايَ كَمَا بَاعَدتَ بَينَ المَشرِقِ وَ المَغرِبِ.اللَّهُمَّ نَقِّنِي مِن خَطَايَايَ كَمَا يُنَقَّى الثَوبُ الأَبيَضُ مِنَ الدَّنَسِ.اللَّهُمَ اغسِلنِي مِن خَطَاياَيَ بِالمَاءِ وَ الثَلجِ وَ البَرَدِ                                                  

--Allahumma Baa’id bainii wa baina khotooyaaya kamaa ba’adta baina masyriqi wal maghrib. Allahuma Naqqiny min khotooyaaya kama yunaqqots tsawbul abyadu minaddanas. Allahumaghsilny min khotooyaaya bil maai watssalji walbaraad.-- 

  
  “Ya allah jauhkanlah antara diriku dengan kesalahan-kesalahan(dosa-dosa)ku sebagaimana engkau menjauhkan antara belahan timur bumi dengan belahan barat.Ya allah bersihkanlah aku dari kesalahan-kesalahan(dosa-dosa)ku sebagaimana pakaian putih di bersihkan dari kotoran. Ya allah ,basuhlah diriku dari kesalahan-kesalahanku dengan air,es,dan juga embun.Dan ini biasa nabi membaca dalam shalat fardhu.(HR.Bukhari dan Muslim)

سُبحَانك اللهم و بِحَمدِكَ و تَبَارَكَ اسمُكَ وَ تَعَالَى جَدُّكَ وَ لاإله غَيرُكَ                               

--Subhaanakallaahumma wabihamdika watabaarakasmuka wata’aalaa jadduka walaailaaha ghoiruka--.


   “Mahasuci Engkau Ya Allah (dari segala kekurangan),kami  senantiasa memujimu,teramat banyak keberkahan pada namamu(karena setiap menyebut namamu di temukan segala kebaikan),Maha tinggi keagunganmu,dan tiada tuhan yang berhak di sembah sealinMu.”(HR.Abu Dawud dan Al-Hakim).Beliau  bersabda (mengenai bacaan ini),


إِنَّ أحَبَّ الكَلاَمِ إِلى الله أن يَقُولَ العَبدُ : سُبحَكَ اللهم......                                         

“Sesungguhnya perkataan yang paling di cintai Allah adalah ucapan seorang hamba,’Mahasuci Engkau Ya Allah………’.(HR.Ibnu Majah dengan sanad yang shahih).

MEMBACA AL-FATIHAH DAN AYAT ATAU SURAT DARI AL-QURAN



Ketika kita sudah membaca doa istiftah diwajibkan bagi kita untuk membaca surat alfatihah dengan sebagai berikut:surat al-fatihah

بسم الله الرحمان الرحيم # الحمد لله رب العالمين # ألرحمان الرحيم # مالك يوم الدين # إياك نعبد و إياك نستعين # اهدناالصراط المستقيم # صراط الذين أنعمت عليهم غيرالمغضوب عليهم ولا الضالين # ....آمين                       

Setelah itu kita dianjurkan untuk membaca potongan ayat atau surat dari al-quran selain alfatihah.

RUKUK



Setelah kita mengucapkan takbir  yang kedua kalinya untuk ruku diwajibkan bagi kita untuk mengucapkan atau berdoa padanya.dan ucapan yang wajib bagi kita ucapkan dalam sholat adalah:

سبحان ربي العظيم    

--Subhaana Rabbiyal a’dziim--. Atau ketambahan diakhir dengan –Subhaana Rabbiyal a’dziimi Wabihamdih--.

“Mahasuci Rabbku yang mahaagung.”-sebanyak tiga kali-(HR.Ahmad,Abu Dawud,Ibnu Majah,Ad-Daruqhutni,At-Thahawi,Al-Bazzar dan At-Thabrani dalam al-mu’jam al-kabir).atau( HR.Abu Dawud,Ad-Daruqutni,Ahmad,At-Thabrani,Al-Baihaqi dengan shahih

Dan disunnahkan bagi kita untuk memperpanjang atau memperlama rukuknya dengan banyak banyak berdoa dan dilarang bagi kita untuk membaca alquran dalam rukuknya karna hal ini merupakan larangan dari nabi صلّى الله عليه و سلم sebagaimana dalam hadits nabi yang diriwayatkan oleh Muslim dan Abu Awanah.

MENGUCAPKAN سمع الله لمن حمده DAN BERDO’A SETELAHNYA KETIKA I’TIDAL



Salah satu dari kewajiban bagi kita dalam shalat yaitu membaca kalimat:  سمع الله لمن حمده  setelah rukuk dan inilah bacaan ketika pindahan dari rukuk ke itidal dan doa atau lafadz yang dianjurkan untuk membaca doa sebagai berikut:

ربنا ولك الحمد أو(حَمدًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ كَما يُحِبُّ رَبُّنَا وَيَرضَى)                                                           

--Rabbanaa walakal hamdu—atau dengan tambahan –Rabbanaa walakal hamdu Hamdan thayyiban kamaa yuhibbuna wayardho--.   
   
“Waahai rabb kami (kabulkanlah untuk kami) dan hanya bagimu segala piji.”(HR.Bukhari dan Muslim). Atau    “Wahai Rabb kami hanya bagimu segala pujian yang banyak ,baik ,lagi penuh keberkahan (serta diberkahi,sebagaimana yang dicintai dan diridhai oleh rabb kami).”(HR.Malik,Bukhari,dan Abu Dawud).

SUJUD



Kemudian hal yang harus kita baca lagi dalam shalat setelah i’tidal adalah membaca doa doa dalam sujud,dan diantara doa doanya yang nabi baca adalah sebagai berikut:


سُبحَانَ رَبِيَ الأَعلى  أَو  (وَبِحَمدِهِ)                                                      
   
--Subhana Rabbiyal A’la—Atau –Subhaana Rabbiyal A’la wabihamdih--.    
   
“Mahasuci Rabbku yang maha tinggi.atau tambah dengan kalimat (dan segala puji baginya)-sebanyak tiga kali-(HR.Ahmad,Abu Dawud,Ibnu Majah,Ad Daruqhutni,At Thabrani dan hadits ini shahih).  

Dan bahwa nabiصلّى الله عليه و سلّم melarang kepada kita untuk membaca alquran pada waktu sujudnya seseorang dalam sholat karna ini telah di jelaskan dalam hadits beliau.adapun bagi seseorang yang ingin berdoa yang didalam doanya terdapat ayat alquran maka hal ini tidak mengapa.Dan nabi kita menyuruh hambanya untuk banyak – banyak berdoa kepada allah dalam rukuknya dan sujudnya.

DUDUK DIANTARA DUA SUJUD



Selanjutnya bagi seseorang untuk mengangkat kepalanya dari sujud sambil bertakbir.adapun dzikr atau doa pada duduk diantara dua sujud yaitu:

رَبِ اغفِرلِي وَارحَمنِي وَاجبُرنِي وَارفَعنِي وَاهدِنِي وَارزُقنِي                                                  
    
--Rabbighfirlii warhamnii wajburnii warfa’nii wahdinii wardzuqnii--.
     
“Ya Allah atau Ya Rabbku ampunilah aku,kasihanilah aku,(perbaikilah kekurangan diriku),(angkatlah derajatku),berikanlah aku petunjuk ,(berilah aku keselamatan,)dan anugerahilah aku rizki.(HR.Abu Dawud,attirmidzi,Ibnu Majah,dan Alhakim).


رَبِ اغفِرلِي رَبِّ اغفِرلِي
    
--Rabbighfirlii Rabbighfirlii--.
   
“Ya Rabbku ,ampunilah aku ,ampunilah aku.”(HR.Ibnu Majah dengan sanad yang hasan).Dan bagi yang membaca doa ini di sunnahkan tiga kali membacanya.sebagaimana nabi telah mengajarkannya.

TASYAHUD AWAL



Dalam tasyahud ini banyak sekali redaksi redaksi atau macam macam doa pada tasyahud awal ini.tapi di sini kak arofta hanya membawa kan satu dari banyak nya atau macamnya doa ini pada tasyahud awal dan diantaranya adalah:dan ini yang sering kali nabi pakai pada tasyahud awal ini yaitu ,,

-  التَّحِيّاتُ لله ، والصلوأتُ ، وَالطيِّبَاتُ. السَّلامُ عَلَيكَ أيُّهاالنَّبِيُّ وَرَحمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ السلامُ عَلَينَا وَعَلى عِبَادِ اللهِ الصَّالِحِين.أشهَدُ أن لاإلَهَ إلاَّالله وَأشهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبدُه وَرَسُولُه

--Attahiyyalillahi, Wassalawaatu, Watthoyyibah Assalaamu a’laikamayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarakaatuh Assalaamum a’laina waa’langibaadillaahissoolihiin Asyhadu allaailaahaillah waasyahdu annamuhammadan a’bduhuwarasuuluh--.
   
”Segala ucapan penghormatan, doa doa pengagungan dan untaian untaian pujian yang baik hanyalah bagi allah.Semoga keselamatan, kasih sayang dan keberkahan allah dicurahkan kepadamu wahai nabi, juga keselamatan terlimpahkan bagi kami dan para hamba hamba allah yang shahih,(karna sesungguhnya jika seorang hamba mengucapkan bacaan ini,maka bacaan tersebut akan diperoleh seluruh hamba yang shahih di langit dan di bumi) Aku bersaksi tiada tuhan yang berhak selain allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hambanya dan rasulnya .”(HR.Bukhari,Muslim,Ibnu syaibah dan yang lainnya).

TASYAHUD AKHIR



Tasyahud akhir adalah ketika kita berada diujung sholat,dan disitu kita masih dianjurkan untuk untuk membaca doa doa yang khusus yang diperintahkan oleh nabi,oleh karna itu disini arofta.com akan memaparkan hal tersebut.diantara doa doanya adalah:

- التَّحِيَاتُ لله وَالصَلَوَاتُ وَالطَّيِّبَاتُ .السَلاَمُ عَلَيكَ أَيُّهاَ النَّبِيُّ وَرَحمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ .السلامُ عَلَينَا وَعَلَى عِبَادِ الله الصَّالحِينَ .أَشهَدُ أن لا إله إلا الله وَأشهَدُ أنَّ مُحَمَّدًا عَبدُوهُ وَرَسُولُهُ                                             
   
--Attahiyyalillahi, Wassalawaatu, Watthoyyibah Assalaamu a’laikamayyuhannabiyyu warahmatullahi wabarakaatuh Assalaamum a’laina waa’langibaadillaahissoolihiin Asyhadu allaailaahaillah waasyahdu annamuhammadan a’bduhuwarasuuluh--. 
   
”Segala ucapan penghormatan, doa doa pengagungan dan untaian untaian pujian yang baik hanyalah bagi allah.Semoga keselamatan, kasih sayang dan keberkahan allah dicurahkan kepadamu wahai nabi, juga keselamatan terlimpahkan bagi kami dan para hamba hamba allah yang shahih,(karna sesungguhnya jika seorang hamba mengucapkan bacaan ini,maka bacaan tersebut akan diperoleh seluruh hamba yang shahih di langit dan di bumi) Aku bersaksi tiada tuhan yang berhak selain allah dan aku bersaksi bahwa nabi Muhammad adalah hambanya dan rasulnya .”(HR.Bukhari,Muslim,Ibnu syaibah dan yang lainnya). 

Dan dilanjutkan dengan doa: - shalawat kepada nabi muhammad –

- اللهم صَلِّ عَلى مُحَمَّد وَعَلَى الِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيتَ عَلَى إِبرَاهِيمَ وَعَلَى الِ إِبرَاهِيمَ، إنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيد .{وَبَارِك...} اللهم بَارِك عَلَى مُحَمَّد،وَعَلى الِ مُحَمَّد، كَمَا بَارَكتَ عَلَى إبرَاهِيمَ وَعَلَى الِ إِبرَاهِيمَ إنَّك حَمِيدٌ مَجِيد.                    
   
--Allahumma solli a’lamuhammad waa’laaalimuhammad kamaa sollayta a’laibroohiim waa’laaali ibroohim innaka hamiidun majiidun.(wa baarikh..) Allahumma solli a’lamuhammad wa’la aalimuhammad kamaa baarakta a’laibroohim wa’laaali ibrohim innaka hamiidun majiidun--.      


   
“Ya Allah ,limpakanlah shalawat kepada nabi Muhammad dan keluarga besar nabi Muhammad, sebagaimana engkau telah melimpahkan shalawat kepada nabi Ibrahim , dan kepada besar keluarga nabi Ibrahim,Sesungguhnya engkau Mahaterpuji lagi Mahaagung.Ya Allah limpakanlah keberkahan kepada nabi Muhammad dan kepada keluarga besar nabi Muhammad , sebagaimana engkau telah melimpahkan  keberkahan kepada nabi Ibrahim dan kepada keluarga besar nabi Ibrahim, sesungguhnya engkau Maha terpuji lagi Maha agung.”(HR.Bukhari,Muslim dan lainnya).


- اللهم إنِّي أَعوذُ بِكَ مِن عَّذَابِ القَبرِ،وَ مِن عَذَابِ جَهَنَّم،وَمِن شَرِّ فِتنَةِ المَحيَا وَالمماتِ، وَمِن شَرِّ فِتنَة المَسِيحِ الدَّجَّال    
   
--Allahumma Inniia’udzuubika min a’dzaabillqabri,wamin a’dzaabi jahannam,wamin syarri fitnatil mahya walmamaat, wa minsyarri fitnatil masiihiddajjal--.

    “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadamu dari adzab kubur,dan dari adzab jahannam, dan dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari fitnah al-masih ad-dajjal.”(HR.Muslim).

       
Alhamdulilah akhirnya kita tau semua tentang bacaan atau doa doa sholat lima waktu.Nah sekarang waktunya bagi kita menghafal dan memahami bacaan ataupun doa dalam shalat kita.Sobat arofta.com yang dirahmati oleh allah subhanahu wa ta’ala itulah semua bacaan dan doa dalam sholat maka arofta ingin memberi nasihat kepada pembaca semua untuk selau menjaga dan menuaikan sholatnya sebagaimana allah dan rasulnya memerintahkan kepada kita semua.Wassalamualaikum.


Posting Komentar untuk "Bacaan Sholat [Arab+Terjemah] Sesuai Tuntunan Nabi Lengkap"